Tpr7TUGpBSO6TUM6TUY5TUWlGi==

Berwisata Sambil Belajar di Perpustakaan Bung Karno, Cocok untuk Libur Panjang

Perpustakaan Bung Karno. (Ist)


BLITAR, JatimTerkini.id - Momen liburan panjang seperti saat ini menjelang Natal 2023 dan menyambut Tahun Baru 2024 menjadi kesempatan bagi banyak keluarga untuk menghabiskan waktu bersama. Destinasi wisata beragam menjadi pilihan, tak hanya taman bermain atau pantai, tetapi juga perpustakaan menarik perhatian sebagai tempat liburan yang menarik.

Salah satunya adalah Perpustakaan Bung Karno, yang terletak di area makam Presiden pertama Indonesia, Soekarno, di Kota Blitar, Jawa Timur. Perpustakaan ini, yang merupakan bagian dari UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, diresmikan oleh Megawati, putri dari Bung Karno, pada tanggal 3 Juli 2004. Terletak di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Pada momen liburan seperti sekarang, perpustakaan ini ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Sambil melakukan ziarah ke makam Bung Karno, pengunjung membawa serta anak-anak mereka untuk menikmati pengalaman berwisata di sini.

Perpustakaan ini menawarkan berbagai koleksi menarik yang bisa dipelajari. Ada koleksi khusus yang mencakup buku-buku yang ditulis oleh Bung Karno, karya-karya tentang Bung Karno yang ditulis oleh penulis lain, buku-buku yang pernah dibaca oleh Bung Karno, serta karya-karya pejuang lainnya. Bung Karno sendiri dikenal sebagai seorang Presiden yang juga seorang penulis, dimulai sejak usia 26 tahun dengan koleksi buku yang luas. Sampai saat ini, koleksi khusus Bung Karno mencakup 2.407 judul dan 6.757 eksemplar (data per Agustus 2022).

Selain buku, perpustakaan ini juga menampilkan berbagai foto Bung Karno, sejarah berdirinya NKRI, foto-foto masa pengasingan Bung Karno, dan bahkan koper miliknya yang terbuat dari kayu dan digunakan untuk menyimpan buku-buku saat masa pengasingannya. Koleksi digital juga tersedia, termasuk foto-foto dan video mengenai perjuangan para pemuda dan Bung Karno dalam meraih kemerdekaan.

Di samping itu, terdapat beragam lukisan, diorama rumah pengasingan Bung Karno, uang kertas dengan wajah Bung Karno, serta atribut lain yang berkaitan dengan beliau. Perpustakaan ini juga menyediakan layanan kunjungan dengan fasilitas cerita dan pemutaran film dokumenter tentang Bung Karno.

Di Perpustakaan Bung Karno, saat ini juga tersedia Rumah Pintar Pemilu (RPP) Nasional Bung Karno. Di sini, pengunjung dapat mempelajari sejarah pemilu dari masa ke masa hingga menjelang Pemilu 2024, sekaligus mendapatkan edukasi mengenai proses pemilu.

Salah satu pengunjung, Ana, menyatakan kesenangannya atas kunjungannya ke perpustakaan ini. Ia merasa mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman, terutama dalam memahami perjuangan Bung Karno dan tokoh-tokoh lainnya melalui video yang diputar di perpustakaan.

Perpustakaan Bung Karno buka setiap hari, mulai dari Senin hingga Minggu, dari jam 08.00 pagi hingga jam 16.00 sore. Di sini, ratusan pengunjung datang setiap harinya, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelola Kawasan Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, M Sapaat, menyatakan bahwa di momen libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, tidak ada agenda khusus yang diselenggarakan di kawasan wisata makam Bung Karno. Fokus mereka adalah melayani pengunjung dengan baik.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Ketik kata kunci lalu Enter

close