Tpr7TUGpBSO6TUM6TUY5TUWlGi==

Cari Kerajinan Kerang Langsung Saja Datang ke Kenjeran Surabaya

Toko Kerajinan Kerang Surabaya. (Ist)


SURABAYA, JatimTerkini.id - Anda yang tertarik menemukan beragam kerajinan tangan yang terbuat dari kerang hias, bisa mengunjungi Kampung Tambak Deres, Kenjeran, Surabaya.

Salah satu tempat yang patut Anda kunjungi adalah "Handcraft-sby" yang dikelola oleh Rahmat Yanuarsyah (28). Di sini, Anda dapat menemukan berbagai kerajinan tangan cantik yang terbuat dari kulit kerang.

Usaha kerajinan tangan ini telah berdiri sejak tahun 2000, mewarisi tradisi dari nenek dan kakek Rahmat yang tinggal di wilayah pesisir. Rahmat Yanuarsyah, sebagai generasi ketiga dari keluarga pemilik usaha ini, menceritakan, "Kami melihat peluang di kerajinan kerang karena berada di wilayah pesisir. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk meneruskan usaha ini."

Meskipun usaha ini sempat mengalami tantangan yang signifikan selama pandemi COVID-19 pada tahun 2020, dengan pendapatan hampir nihil, Rahmat tidak menyerah. Dia memanfaatkan pengetahuan yang didapatnya selama kuliah di bidang Manajemen Bisnis di Universitas Ciputra dan memutuskan untuk menjajaki pasar daring.

Rahmat juga mencari inspirasi dan ide-ide baru untuk produk kerajinan kerangnya melalui media sosial, yang kemudian diimplementasikan dalam bisnisnya.

Meskipun modal untuk mengembangkan usaha terbatas karena minimnya pembeli akibat pandemi, Rahmat berhasil menjual produknya tidak hanya di dalam kota, tetapi juga di luar Pulau Jawa, bahkan hingga ke Malaysia.

Meski usahanya berlokasi di tepi pantai, Rahmat mengakui bahwa tidak semua bahan baku yang digunakan berasal dari sekitar Kenjeran. "Kualitas kerang di Kenjeran masih kurang, jadi kami juga mengambil kerang dari daerah lain seperti Situbondo dan Flores untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik," ujarnya.

Berbagai produk kerajinan dari kulit kerang tersedia di toko Rahmat, seperti pigura, tempat tisu, cermin, tirai, dan lain-lain. Tersedia juga berbagai jenis kulit kerang, mulai dari cangkang kerang simping, kerang jimmy, kerang kempang, dan lainnya.

Harga kulit kerang mentah berkisar antara Rp5 ribu hingga Rp150.000, sedangkan harga produk kerajinan kerang yang sudah jadi bervariasi mulai dari Rp20.000 hingga Rp200.000, tergantung pada tingkat kerumitan dan permintaan pelanggan.

Selain membeli produk kerajinan kerang sebagai hiasan atau koleksi, pembeli juga dapat membeli berbagai bahan baku seperti kotak tisu belum dihias, pasir pantai berwarna, dan kulit kerang untuk keperluan kerajinan di sekolah.

Produk kerajinan kerang dapat dibeli melalui media sosial atau berbagai platform daring seperti Instagram, Facebook, dan marketplace lainnya.
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Ketik kata kunci lalu Enter

close