Tpr7TUGpBSO6TUM6TUY5TUWlGi==

Keseruan Menikmati Keliling Kota Madiun di Malam Hari Naik Bus Mabour

Bus Mabour Madiun. (Ist)


MADIUN, JatimTerkini.id - Berkunjung ke Kota Madiun belum bisa disebut lengkap tanpa merasakan sensasi naik "Madiun Bus On Tour" atau yang biasa dikenal dengan sebutan Bus Mabour. Bus wisata ini telah menjadi ikon Kota Madiun.

Dengan mengajak wisatawan atau warga keliling sejumlah jalan protokol Kota Madiun di malam hari, Bus Mabour menawarkan pengalaman yang menakjubkan dengan pemandangan gemerlap lampu yang memukau, dan yang pasti, tanpa dipungut biaya alias gratis. Tentu saja, hal ini sangat menggembirakan.

Desainnya yang mencolok dengan dominasi warna merah cerah yang dipadukan dengan hitam, membuat siapa pun yang melihatnya langsung terpikat dan ingin segera naik. Tak hanya itu, keunikan Bus Mabour juga terlihat dari lukisan-lukisan ikonik tempat wisata di Kota Madiun yang menghiasi bodinya, seperti replika Pahlawan Street Center (PSC) lengkap dengan miniatur Patung Singa Merlion, Menara Eiffel, Gedung Balai Kota Madiun, gapura pemandangan lampu masuk PSC, dan berbagai gambar menarik lainnya.

Dalam satu minggu, Bus Mabour beroperasi setiap Kamis, Jumat, dan Sabtu. Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Perhubungan (Dishub) telah menyiapkan kuota 300 penumpang untuk setiap kali perjalanan. Terdapat dua Bus Mabour yang tersedia dengan masing-masing memiliki kapasitas 30 tempat duduk.

Bagi wisatawan yang berminat menikmati wisata malam dengan Bus Mabour, mereka dapat mengambil tiket mulai pukul 16.30 WIB di area Jawa Parkir yang berlokasi di Jalan Jawa Kota Madiun. Namun, disarankan untuk datang lebih awal karena tiket seringkali cepat habis.

Dikarenakan gratis dan dianggap menyenangkan, Bus Mabour sangat diminati oleh wisatawan, terutama anak-anak beserta orang tua mereka. Bahkan, penumpang anak-anak seringkali spontan bersorak dan menari ketika sopir Bus Mabour menyalakan klakson "telolet".

Saat antri untuk mendapatkan tiket, petugas Dishub akan melakukan pendataan kepada calon penumpang dan mencetak tiket secara langsung di lokasi. Ketika bus tiba, penumpang akan dipanggil sesuai dengan nomor antrean.

Bus Mabour siap melayani wisatawan mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB, atau sampai kuota 300 penumpang terpenuhi.

Rute perjalanan malam yang menakjubkan yang dilalui oleh Bus Mabour meliputi perjalanan dari Jawa Parking Area menuju Jalan Kartini, Jalan Pahlawan, Jalan Semeru, Jalan Alun Alun Utara, Jalan Alun Alun Barat, Jalan Kolonel Mahardi, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Dr Soetomo, kemudian kembali lagi ke Jawa Parking Area.

"Mabour seru banget, apalagi gratis. Anak-anak pasti senang. Hanya sayang harus antre tiket dan kapasitasnya terbatas. Semoga kedepannya bisa ditingkatkan lagi," kata seorang warga Madiun, Ria Kurniawati.

Meskipun ia tinggal di Kota Madiun, Ria selalu mengajak keponakannya yang berasal dari Ponorogo untuk menaiki Bus Mabour ketika berkunjung ke Kota Madiun.

Sambil menunggu giliran naik Bus Mabour, wisatawan dapat menikmati berbagai jajanan dan makanan yang tersedia di area Jawa Parking.
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Ketik kata kunci lalu Enter

close