Tpr7TUGpBSO6TUM6TUY5TUWlGi==

Siap Hadapi Lebaran 2024, KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya Kerahkan 60 Perjalanan Setiap Hari

KAI Commuter. (Ist)


SURABAYA, JatimTerkini.id - Menyambut musim Angkutan Lebaran 2024, KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya menegaskan kesiapannya dalam menghadapi lonjakan penumpang yang berencana melakukan perjalanan selama masa libur panjang. Dengan mengutamakan aspek keselamatan, keamanan, dan pelayanan yang terbaik, KAI Commuter telah menyiapkan beragam langkah strategis untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan para pengguna layanannya.

Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan, Jawa Timur menjadi salah satu destinasi utama para pemudik, dengan perkiraan jumlah mencapai 37,6 juta orang atau sekitar 19,4 persen dari total pemudik di seluruh Indonesia.

Agar dapat mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut, KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya akan meningkatkan frekuensi layanan Commuter Line hingga 60 perjalanan setiap harinya, dengan menggunakan 3 set kereta KRD dan 9 rangkaian kereta ekonomi.

Diperkirakan jumlah pengguna Commuter Line di wilayah ini akan mencapai 930.853 orang selama masa Angkutan Lebaran 2024, mengalami peningkatan sebesar 13 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Puncak jumlah penumpang diperkirakan akan terjadi pada H+3 Lebaran (14 April 2024) dengan mencapai 45.087 orang.

Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para pengguna, KAI Commuter telah menempatkan 204 petugas keamanan di stasiun, 93 petugas di dalam kereta, dan 85 petugas untuk membantu dalam pembelian tiket. Selain itu, tersedia juga kursi prioritas sebanyak 4 tempat duduk per kereta bagi pengguna dengan disabilitas, lansia, serta pengguna yang membawa balita.

Selain itu, untuk menjaga kelancaran perjalanan, KAI Commuter memberlakukan kebijakan okupansi maksimal sebesar 150% untuk perjalanan kurang dari 100 Km dan 120% untuk perjalanan yang melebihi 100 Km dari kapasitas tempat duduk.

Para pengguna dihimbau untuk merencanakan perjalanan mereka dengan baik dan melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI, yang dapat dilakukan mulai 7 hari sebelum tanggal keberangkatan. Persiapan kartu identitas juga sangat diperlukan untuk mempercepat proses boarding.

Informasi lebih lanjut mengenai layanan yang disediakan oleh KAI Commuter selama masa Angkutan Lebaran 2024 dapat diperoleh melalui Contact Center yang beroperasi 24 jam di nomor 021-121 atau melalui akun media sosial resmi @commuterline.
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Ketik kata kunci lalu Enter

close