Tpr7TUGpBSO6TUM6TUY5TUWlGi==

UMM Adakan Ramadan Ceria Guna Bantu Anak-anak di Lamongan

Ramadan Ceria UMM. (Ist)

LAMONGAN, JatimTerkini.id - Dalam acara Ramadhan Ceria, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah mengadakan beragam kegiatan yang melibatkan masyarakat. Kali ini, Kampus Putih Jas Merah ini mengundang puluhan anak di Lamongan untuk bermain dan belajar bersama Mobil Kamis Membaca (KaCa), serta memberikan berbagai macam hadiah.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bagian dari bakti sosial di Desa Medalem, Modo, Lamongan pada tanggal 3 April yang lalu. Tim UMM tidak hanya memberikan bantuan bahan pokok, tetapi juga menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan, pengobatan gratis, dan penyuluhan kesehatan. Muhammad Luthfi M.H., Ketua pelaksana bakti sosial, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan rutinitas setiap bulan Ramadan.

"Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Malang, tetapi juga di berbagai daerah seperti Lamongan, Lumajang, Batu, dan daerah lainnya. Kami sengaja memberikan penyuluhan dan pengobatan kesehatan gratis agar masyarakat desa tidak perlu pergi jauh untuk periksa ke dokter, terutama untuk penyakit-penyakit ringan," ungkap Luthfi.

Tim UMM didukung oleh dokter dan perawat dari Rumah Sakit Umum UMM. Sejumlah warga datang untuk memeriksakan kondisi kesehatan mereka, dimana mereka akan diberikan arahan dan pemeriksaan lebih lanjut.

Dalam acara tersebut, Dr. Piet Hizbullah Khaidir, MA, sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lamongan turut hadir. Beliau mewakili PDM dan warga Muhammadiyah setempat untuk memberikan apresiasi atas kegiatan bakti sosial yang diadakan oleh UMM.

Menurut Hizbullah Khaidir, kolaborasi semacam ini memiliki nilai penting dan manfaat yang besar. Keterlibatan lembaga pendidikan dalam kegiatan bersama masyarakat Muhammadiyah dari berbagai wilayah sangatlah penting.

"Menolong dan memberikan kebaikan kepada sesama merupakan ajaran utama dalam agama Islam. Terlebih lagi, kegiatan ini terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuannya," ujarnya.

Kegiatan bakti sosial dimulai dengan sesi penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan, khususnya dalam mengatasi nyeri di beberapa bagian tubuh seperti pinggang, punggung, dan lainnya. Warga diajari tentang postur tubuh yang baik untuk mencegah terjadinya nyeri di masa mendatang.

Selain itu, warga juga mendapatkan layanan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis. Anak-anak pun diajak untuk bermain berbagai permainan seru seperti memindahkan tali, pohon dan serigala, tebak kata, dan permainan lampu hijau merah.

Tidak lupa, para anak-anak juga diberikan hadiah oleh tim UMM. Mereka juga diberi kesempatan untuk membaca buku cerita yang ada di dalam mobil KaCa sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Ketik kata kunci lalu Enter

close