Tpr7TUGpBSO6TUM6TUY5TUWlGi==

Bacalon Wali Kota Batu Setya Gunawan Janji Berantas Korupsi dan Tingkatkan SDM, Salah Satunya Bakal Bangun Universitas

Bacalon Wali Kota Batu Setya Gunawan Janji Berantas Korupsi dan Tingkatkan SDM, Salah Satunya Bakal Bangun Universitas
Bacalon Wali Kota Batu, Serta Gunawan, meminta doa restu kepada ibunda saat menghadiri deklarasi dukungan dari LSM DPP WIB. (Dok. Eko Sabdianto)

JATIMTERKINI.ID - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) DPP Perkumpulan Waktu Indonesia Bergerak (WIB) mengadakan Deklarasi Akbar untuk bakal calon (bacalon) Wali Kota Batu 2024-2029, Setya Gunawan, pada Senin (1/7/2024).

Acara ini juga disertai pelantikan pengurus DPW dan DPC seluruh Jawa Timur, bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Gajahmada, Jalan Sultan Agung, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Deklarasi dan pelantikan ini dihadiri oleh Ketua Umum DPP Perkumpulan WIB, Siti Fatimah, Ketua Umum DPD WIB Provinsi Jawa Timur, Ery Berlian Herlambang, Sekjen DPP WIB, Muhammad Islahuddin, dan ratusan pengurus serta masyarakat Kota Batu.

Ketua Umum DPP Perkumpulan WIB, Siti Fatimah, menyatakan dukungan atas pencalonan Setya Gunawan sebagai Wali Kota Batu dalam Pilkada 2024-2029.

"Kami sengaja mengajak kepada semua jajaran pengurus beserta masyarakat Kota Batu untuk mendukung bapak Setya Gunawan untuk menjadi Wali Kota Batu, pada Pilkada 2024-2029," ujarnya.

Setya Gunawan, yang juga merupakan Direktur Utama dari lima perusahaan besar di Jakarta, menyampaikan visi dan misinya pada saat deklarasi tersebut.

Gunawan menjelaskan, tujuan utama pencalonannya adalah untuk menata Kota Batu menjadi lebih baik.

"Itu sesuai dengan motto saya, menata Kota Batu lebih baik. Jika memang diberi amanah oleh rakyat (masyarakat Kota Batu-red), maka jadilah pemimpin yang mengabdi kepada rakyat, dengan tidak menzolimi rakyat dan selalu ingat kepada Allah SWT," katanya.

Gunawan juga telah melakukan kunjungan silaturahmi ke beberapa partai politik, seperti Gerindra dan Golkar untuk meminta dukungan atas pencalonannya

"Alhamdulillah, saya juga sudah bersilaturahmi ke beberapa partai, untuk meminta doa dan dukungan terkait dengan pencalonan saya menjadi Wali Kota Batu. Seperti yang rekan-rekan media lihat, saya juga memohon doa restu kepada ibu saya untuk mendoakan saya agar terpilih menjadi Wali Kota Batu," tutur Setya Gunawan.

Ia menekankan pentingnya mengenal dan memahami karakter masyarakat Kota Batu yang ramah.

"Tak kenal maka tak sayang, harapannya agar masyarakat Kota Batu dan partai politik dapat mendukung saya," urai Setya Gunawan.

Dalam visinya, Gunawan ingin mewujudkan masyarakat Kota Batu yang maju, cerdas, mandiri, demokratis, dan beradab.

"Tentunya juga dalam lingkungan alam harmonis serta lestari berdasarkan kearifan budaya lokal yang religius, dalam rangka mencapai cita-cita adil, makmur berbangsa, dan bernegara," papar Setya Gunawan.

Jika terpilih, Gunawan berjanji akan memberantas korupsi tanpa pandang bulu.

"Salah satunya saya akan mengaudit, yang kedua dengan sistem rolling, karena seseorang yang sudah lama berada di posisi itu, pasti akan ada celah. Supaya secara keilmuan mereka tau, selain itu SOP juga harus jalan. Nanti akan ketahuan dimana salah satunya melalui teknologi budling sistem yang terintegritas di handphone. Kita juga akan kasih waktu untuk mengembalikan uang dari hasil korupsi itu," tegas Setya Gunawan.

Gunawan juga ingin membawa Kota Batu dikenal secara internasional dengan berbagai program kerja yang akan dijalankan.

"Bagaimana Kota Batu ini agar dikenal luas untuk go internasional, kalau perkara korupsi tidak bisa diberantas dahulu. Jadi, kesimpulannya apapun programnya, kalau korupsi masih ada itu semua tidak akan pernah dapat berjalan. Pasti itu, saya jamin yang ada malah nantinya dibebankan kepada rakyat, salah satunya dengan menaikkan pajak," tukasnya.

Gunawan berencana membangun universitas di Kota Batu untuk meningkatkan kualitas SDM warga masyarakat.

"Banyak destinasi wisata di Kota Batu, artinya masyarakat Kota Batu jangan jadi penonton saja, tapi melainkan harus menjadi pemilik. Maka dari itu, jika terpilih saya akan membangun universitas di Kota Batu, seperti Universitas Negeri Kota Batu, karena memang belum memiliki universitas. Nantinya, juga bisa berkolaborasi dengan universitas lain yang ada di Indonesia dan luar negeri," tegas Setya Gunawan.

Gunawan menyebutkan bahwa sudah ada beberapa universitas yang menawarkan kerja sama.

"Nantinya jika saya mendirikan universitas di Kota Batu, mereka universitas-universitas itu selalu siap untuk menjalin kerjasama," ungkapnya.

Visi Gunawan juga mencakup peningkatan kemandirian ekonomi dan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan lembaga pendidikan yang berkarakter dan berkelanjutan.

Dimana salah satu tujuannya untuk menjadikan masyarakat Kota Batu lebih terbuka, kritis, dan obyektif dengan memaksimalkan peran organisasi masyarakat dan organisasi politik, kelompok budaya, hukum, dan ekonomi. Maksud dan tujuan saya juga mewujudkan cita-cita kemerdekaan NKRI, sebagaimana tertuang dalam UUD 1945. Berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat serta meningkatkan kemandirian dalam pembangunan. Selain itu, juga mendidik generasi penerus untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selanjutnya, mendorong pelibatan masyarakat sebagai pengawas kebijakan publik. Juga menciptakan iklim hubungan yang saling pengertian antara rakyat dan pemerintah melalui pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan secara integral dan holistik," papar dia lagi.

Empat sasaran utama dalam program kerja Gunawan adalah menghidupkan Kelompencapir untuk petani, menjalin kemitraan, meningkatkan keterpaduan, dan menciptakan keseimbangan untuk program pemberdayaan masyarakat.

"Menghidupkan Kelompencapir (Kelompok Pendengar, Pembaca, dan Pemirsa -red) untuk petani di Kota Batu. Menjalin kemitraan dengan membangun hubungan kesejajaran sebagai sarana kekeluargaan dan pemerataan hasil pembangunan. Selanjutnya keterpaduan, dengan menjalin hubungan erat sebagai sarana keseimbangan sistem. Kemudian keseimbangan, dengan menciptakan kondisi yang berkesinambungan untuk program pemberdayaan terhadap masyarakat Kota Batu seutuhnya," ucapnya.

Untuk mencapai sasaran tersebut, Gunawan akan melakukan pengembangan SDM, penerapan teknologi tepat guna, peningkatan akses terhadap teknologi, modal, pasar, dan informasi, serta membangun kemitraan mutualistis dengan sistem insentif.

"Saya berharap, dengan semua program kerja jika terpilih menjadi Wali Kota Batu, tentunya agar dapat membawa perubahan positif bagi Kota Batu dengan fokus pada peningkatan kualitas sumber daya alam dan pariwisata, sehingga Kota Batu bisa menjadi destinasi wisata yang bertaraf internasional, hingga go internasional," pungkasnya dengan optimis.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Ketik kata kunci lalu Enter

close